house of wayang

PRAKATA

02/10/2013

0 Comments

 
    Indonesia sebagai negara kesatuan yang terdiri dari berbagai suku bangsa memiliki keanekaragaman budaya. Hal itu tercermin dari berbagai hasil budaya yang tersebar dalam masyarakatnya. Dalam keanekaragaman suku bangsa yang ada di Indonesia, terdapat berbagai cerita dan penokohan dari cerita tersebut, yang disebut dengan pewayangan. Karakter dari tiap tokoh pewayangan sebenarnya menggambarkan sifat – sifat dari orang - orang yang hidup di dunia. Sisi heroik dan kepahlawanan juga menghiasi pewayangan yang sebenarnya.

Namun belakangan ini semakin sedikit generasi muda yang tahu dan paham dengan budaya yang telah diwariskan secara eksklusif oleh para pendahulu kita. Yang lebih mengenaskan adalah kenyataan budaya tersebut justru banyak dipelajari oleh orang asing yang sengaja bersusah payah dan datang jauh – jauh ke Indonesia untuk mendalami seni pewayangan. Untuk itulah, Penulis berharap website yang dibuat ini dapat menarik kembali keinginan generasi muda untuk melihat sisi heroik tokoh – tokoh dalam pewayangan dari budaya kita sendiri.

Sementara itu kemajuan Teknologi Informasi (information technology) dewasa ini telah banyak merubah pola komunikasi yang dilakukan manusia. Salah satu contohnya adalah pola pembelajaran & penyampaian informasi yang semula dilakukan dengan cara konvensional, seperti pembelajaran formal di dalam kelas, bertukar atau mendapatkan informasi di dalam perpustakaan hingga sekedar bertukar cerita dari mulut ke dan lain sebagainya, kini mulai beralih kepada Internet.

Saat ini dengan hadirnya internet sebagai wujud perkembangan teknologi informasi, pemenuhan kebutuhan terhadap proses telah menjadi keharusan. Melalui internet, siapapun dengan mudah dapat mengakses informasi. Terlebih lagi dengan adanya dukungan perangkat Wireless Communication, seperti handphone, Notebook, PDA, dan perangkat sejenis lainnya, yang dengan itu memungkinkan akses proses informasi tentang apa saja dari seluruh dunia dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Internet adalah salah satu dari media pembelajaran yang praktis. Didalam internet, kita bisa dan mudah untuk merubah secara praktis berbagai media pembelajaran dan informasi yang kita buat. Kita juga bisa dengan cepat mengakses informasi dan tidak memerlukan waktu yang lama. Dengan internet pula kita bisa mengikuti perkembangan atau kemajuan teknologi dengan cepat dan tepat.

Dewasa ini komputer dan sistem informasi berkembang sangat pesat, terlebih lagi dengan adanya internet. Internet itulah yang membuat dunia informasi berkembang dengan sangat mencengangkan. Dengan internet, kita dapat mencari hampir semua informasi yang kita butuhkan dan tidak terbatas oleh waktu, karena internet “dibuka” 24 jam sehari dan 365 hari setahun.

Penulis sengaja mengambil tema dan pembahasan penokohan pewayangan karena generasi muda juga merespon dengan sangat baik pula kemajuan teknologi informasi ini. Mereka belajar dengan cepat bagaimana menggunakan dan mengaplikasikan internet baik secara otodidak maupun pembelajaran internet di sekolah masing-masing. Dari alasan inilah penulis mengubah program sebelumnya yaitu pembelajaran penokohan pewayangan berbasis multimedia menjadi pembelajaran penokohan pewayangan berbasis web dinamis. Penulis optimis jika di sajikan dalam bentuk web, informasi & pembelajaran akan lebih mudah dan lebih cepat di akses oleh masyarakat terutama generasi muda.

 
    Indonesia adalah negara yang kaya, sungguh kaya!
    maka, KITA sebagai manusia Indonesia sepantasnya mengawal kekayaan itu dengan ilmu dan Akhlaq yang mulia pula.
    (RB)

house of wayang, rumah wayang, wayang indonesia, sejarah wayang, tokoh wayang, wayang indonesia, wayang jawa, wayang hindu